Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Palembang

Main Author: Dewi Wijianti, Dewi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/17720/1/BAB%20I.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/17720/2/BAB%20II.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/17720/3/BAB%20III.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/17720/4/BAB%20V.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/17720/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalaha true experimental design dengan kategori posttest only control design, populasi yang digunakan adalah seluruh kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Palembang tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling. Dari 6 kelas populasi diambil dua kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas VIIIu2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIu4 sebagai kelas kontrol. Penelitian dilaksanakan selama masing�masing tiga kali pertemuan, dua kali pertemuan untuk pembelajaran dan satu kali pertemuan untuk posttest. Data penelitian dikumpulkan melalui tes. Data yang diperoleh dari hasil perhitungan statistik yang didapat dari hasil tes menghasilkan thitung = 3,186 dan ttabel = 2,0017, sehingga thitung > ttabel yang menyebabkan H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Kata-Kata Kunci: Contextual Teaching And Learning, Berpikir Kritis.