PERBANDINGAN METODE PETA KONSEP DAN BAGAN DIKOTOMI KONSEP (BDK) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA/MA

Main Author: RUQOYYAH, RUQOYYAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/17102/1/BAB%20I%20SKRIPSI%20RUQOYYAH.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/17102/2/BAB%20V%20SKRIPSI%20RUQOYYAH.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/17102/
Daftar Isi:
  • Metode pembelajaran merupakan cara-cara yang berbeda untuk mencapai hasil belajar yang berbeda dalam kondisi berbeda berdasarkan kompetensi pembelajaran yang telah ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode yang efektif antara peta konsep dan Bagan Dikotomi Konsep (BDK) materi keanekaragaman hayati terhadap hasil belajar peserta didik. Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi C1-C6. Metodologi yang digunakan yakni Quasi eksperimental design dengan menggunakan rancangan “The Group PretestPosttest Design”. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, test dan dokumentasi. Analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan SPSS Versi 22. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan dengan Peta Konsep dan Bagan Dikotomi Konsep (BDK) dengan rata-rata Peta Konsep 71,07 dan BDK 94,28. Dimana pada semua kategori menunjukkan kenaikan yang signifikan setelah perlakuan. Pada penelitian ini dikatakan bahwa nilai Sig. (2 tailed) lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) maka Ha diterima dan H0 ditolak. Maka disimpulkan bahwa hasil belajar Biologi yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran Peta Konsep dan Bagan Dikotomi Konsep (BDK) pada materi keanekaragaman hayati dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar terutama penguasaan konsep peserta didik. Kata Kunci: Metode Peta Konsep, BDK, hasil belajar, Taksonomi Bloom revisi, Keanekaragaman Hayati.