PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK THREE TIER MULTIPLE CHOICE PADA LARUTAN PENYANGGA

Main Author: SAFITRI, DINI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/17001/1/BAB%20I.docx
http://repository.radenfatah.ac.id/17001/2/BAB%20V.docx
http://repository.radenfatah.ac.id/17001/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengembangan instrumen tes diagnostik three tier multiple choice pada larutan penyangga yang bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, realibilitas, tingkat kesukuran, daya pembeda, dan respon peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Metode yang digunakan adalah angket, wawancara dan tes. Subjek penelitian melibatkan 5 validator dan 60 peserta didik kelas XII PA MA Al-Fatah Palembang. Tes diagnostik yang dikembang adalah 25 soal yang terdiri dari soal, alasan, dan tingkat keyakinan. Hasil validasi dinyatakan layak dengan nilai 0,87. Realibilitas yang diperoleh adalah 1 dengan kategori sangat baik. Tingkat kesukaran yang diperoleh adalah 80% dikategorikan sedang dengan nilai 0,30-0,70. Daya pembeda yang diperoleh memiliki soal dengan kategori baik sekali, baik, cukup, jelek, dan harus dibuang. Respon siswa terhadap instrumen tes diagnostik three tier multiple choice memiliki persentase sebasar 87,13% dengan kategori baik. Kata Kunci: Miskonsepsi, Tes Diagnostik Three Tier Multiple Choice, Larutan Penyangga