Hypothetical Learning Trajectory (HLT) Materi Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra Menggunakan Alat Peraga Braille Di SMPLB-A PRPCN
Main Author: | Hidayati, Nurul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Online Access: |
http://repository.radenfatah.ac.id/16457/1/BAB%20I-dikonversi.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/16457/2/BAB%20V.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/16457/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berbasis design research yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses desain Hypothetical Learning Materi Penjumlahan Pecahan Berbeda Penyebut menggunakan alat peraga Braille . Penelitian ini secara garis besar dibagi menjadi 3 tahap yakni, tahap persiapan kegiatan uji coba/eksperimen (preparing for the experiment), tahap pelaksanaan kegiatan uji coba/eksperimen desain (the design experiment), dan tahap analisis retrospektif (the retrospective analysis). Penelitian ini menghasilkan desain Hypothetical Learning Tracjectory Materi Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda yang memuat aktivitas: Membagi balok satuan menjadi beberapa bagian sama besar, Membandingkan ukuran balok pecahan yang berbeda untuk mendapatkan pecahan-pecahan berukuran sama, Membandingkan ukuran gabungan beberapa balok, Menggabungkan beberapa pecahan, Menentukan balok pecahan yang berukuran sama dengan balok pecahan hasil penjumlahan. Kelima aktivitas tersebut terlaksana dengan cukup baik. Setelah pelaksanaan kegiatan eksperimen, jawaban siswa pada latihan soal menunjukkan bahwa subjek penelitian dapat memahami materi yang disampaikan. Kata Kunci : Hypothetical Learning Trajectory, Penjumlahan Bilangan Pecahan Berpenyebut Berbeda, Alat Peraga Braille, Siswa Tunanetra.