Pengaruh Penerapan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Palembang
Main Author: | Safitri, Wiwik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.radenfatah.ac.id/16194/1/BAB%20I.docx http://repository.radenfatah.ac.id/16194/2/BAB%20II.docx http://repository.radenfatah.ac.id/16194/3/BAB%20III.docx http://repository.radenfatah.ac.id/16194/4/BAB%20IV.docx http://repository.radenfatah.ac.id/16194/5/BAB%20V.docx http://repository.radenfatah.ac.id/16194/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi sistem persamaan linear dua variabel di SMP Negeri 24 Palembang. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran problem based learning sebagai variabel tidak terikat dan hasil belajar matematika siswa sebagai variabel terikat, sampel penelitian ini adalah kelas VIII.8 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.9 sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa. Analisis data tes menggunakan uji kesamaan dua rata-rata awal sebelum perlakuan dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa problem based learning ada pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 24 Palembang. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen 94.71 lebih besar dari kelas kontrol 78.16, dimana thitung = 8.32 > ttabel = 2.80 dengan = 5%.