HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V MI MUNAWARIYAH PALEMBANG

Main Author: Adawiyah, Rhobiatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/15316/1/2_BAB%20I.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/15316/2/6_BAB%20V.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/15316/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gaya belajar peserta didik pada pembelajaran tematik, mengetahui kemampuan pemahaman peserta didik pada pembelajaran tematik dan mengetahui hubungan gaya belajar dengan kemampuan pemahaman peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V MI Munawariyah Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan metode kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA MI Munawariyah Palembang yang berjumlah 38 orang. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu angket, tes dan dokumentasi. Sumber data adalah siswa dan guru. Analisis data penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian sebagai berikut.Gaya belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V di MI Munawariyah Palembang mempunyai lima gaya belajar, yaitu 16 orang siswa bergaya belajar visual, 6 orang siswa bergaya belajar audiotori, dan 5 orang siswa bergaya belajar kinestetik, 6 orang siswa bergaya belajar visual-auditori dan 2 orang siswa bergaya belajar visualkinestetik.Kemampuan pemahaman peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V di MI Munawariyah Palembang dapat diketahui gaya belajar visual berjumlah 16 orang hasil nilai rata-rata kemampuan pemahaman adalah 69,4. Gaya belajar auditori berjumlah 6 orang hasil nilai rata-rata kemampuan pemahaman adalah 81,7. Gaya belajar kinestetik berjumlah 5 orang hasil nilai rata-rata kemampuan pemahaman adalah 75. Selanjutnya ada gaya belajar visual auditori berjumlah 6 orang hasil nilai rata-rata kemampuan pemahaman adalah 81,7. Dan gaya belajar visual kinestetik berjumlah 2 orang hasil nilai rata-rata kemampuan pemahaman adalah 67,5.Hubungan gaya belajar dengan kemampuan pemahaman peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V MI Munawariyah Palembang berdasarkan perhitungan analisis data baik dengan menggunakan SPSS maupun dengan perhitungan manual diperoleh koefisien korelasi yang sama yakni 0,759. Dengan df dan dbnya: df atau db = N-2 = 38 – 2 = 36. Maka dapat diketahui bahwa rxy lebih besar dari pada rtabel yaitu : 0,325<0,759>0,418. Jadi, karena rxy lebih besar dari rtabel maka Hipotesis Nihil (Ho) ditolak dan Hipotesis alternative (Ha) diterima, yaitu “Terdapat hubungan yang signifikansi antara gaya belajar dengan kemampuan pemahaman peserta didik pada pembelajaran tematik di kelas V MI Munawariyah Palembang”. Kata Kunci: Gaya Belajar, Kemampuan Pemahaman