PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK PERISTIWA KEBANGSAAN MASA PENJAJAHAN BERBASIS NILAI-NILAI KEISLAMAN KELAS V DI SDN 75 PALEMBANG
Main Author: | Oktavini, Eni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.radenfatah.ac.id/15276/1/BAB%201.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/15276/2/BAB%205.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/15276/ |
Daftar Isi:
- Pada saat ini Indonesia menerapkan kurikulum 2013 atau K13 dimana pada kurikulum 2013 ini pembelajaran dirancang berdasarkan tema-tema tertentu dan dalam pembahasannya tema tersebut ditinjau dari berbagai mata pelajaran. Di dalam setiap proses pembelajaran terutama pembelajaran tematik haruslah menggunakan bahan ajar yang akan digunakan di setiap proses pembelajaran. Bahan ajar adalah materi pembelajaran atau secara garis besar terdiri dari pengetahuan, keterampilan dan sikap yang harus dipelajari siswa dalam rangka mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan. Ada banyak sekali sumber bahan ajar mulai dari buku teks, modul, laporan hasil penelitian. Bahan ajar merupakan unsur penting dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan bahan ajar tematik integratif berbasis nilai-nilai keislaman tema Peristiwa Dalam Kehidupan Subtema Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan yang valid. (2) Menghasilkan bahan ajar tematik integrtif berbasis nilai-nilai keislaman Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Subtema Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan yang praktis. Metode penelitian pengembangan (Research and Development) yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan model Tessmer yang terdiri dari tahap Prelimenary (tahap persiapan dan tahap pendesainan ) dan tahap Formative Evaluation, (Self Evaluation, One to One, Small Group), dan Field Test). Namun, pada penelitian ini peneliti hanya melakukan pengembangan pada tahap Small Group saja dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes. Analisis data kevalidan dan kepraktisan inimenggunakan skala likert. Subjek penelitian ini adalah siswa atau peserta didik kelas V SDN 75 Palembang dengan jumlah siswa 30 orang. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan: (1) menghasilkan bahan ajar tematik integratif berbasis nilai-nilai keislaman yang valid dilihat dari hasil kevalidan tertinggi sebesar 77 (2) menghasilkan bahan ajar tematik integratif berbasis nilainilai keislaman yang praktis dilihat dari angkat respon peserta didik sebesar 100. Kata Kunci : Pengembangan Bahan Ajar, Tematik, Berbasis Nilai-Nilai Keislaman