KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA (Studi Kasus Kelas XI SMA PGRI 2 PALEMBANG)

Main Author: Raihan Allam, Dio
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/14983/1/Dio%20Raihan%20Allam.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/14983/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengangkat judul “Komunikasi Interpersonal Guru BK Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa (Studi Kasus Kelas XI SMA PGRI 2 Palembang)”, sekolah sangat berpengaruh dalam meningkatkan prestasi siswa baik dalam bidang akademik maupun non akademik, oleh karena itu sekolah membentuk bagian Bimbingan Konseling untuk membantu peserta didik dalam meningkatkan prestasinya. Berdasarkan dari rumusan masalah yaitu bagaimana komunikasi interpersonal guru BK dalam meningkatkan prestasi siswa? Dengan tujuan untuk mengetahui komunikasi interpersonal guru BK dalam meningkatkan berprestasi siswa dan mengetahui hambatan yang di hadapi oleh guru BK, jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penggunaan teori Penetrasi Sosial Altman dan Taylor ini digunakan untuk membantu menyelesaikan penelitian yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam meningkatkan motivasi prestasi siswa guru BK melakukan tahapan seperti, tahap pendekatan, tahap pengakraban diri, tahap depenetrasi dan solasi, dan tahap pembukaan diri. Peneliti juga menemukan bahwa sikap atau prilaku pada siswa di sekolah SMA PGRI 2 Palembang memiliki perubahaan lebih baik saat komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh guru BK berjalan sesuai tahap�tahap sebelumnya. Selain itu juga setelah dilakukannya komunikasi interpersonal oleh guru BK, peneliti menemukan peningkatan prestasi dalam bidang akademik maupun non akademik yang diraih oleh siswa di sekolah SMA PGRI 2 Palembang tersebut.