PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 LINTANG KANAN KABUPATEN EMPAT LAWANG

Main Author: SARI, EMA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/14304/1/SKRIPSI%20BAB%201-5.docx
http://repository.radenfatah.ac.id/14304/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini terdiri dari lima bab, yaitu : Bab 1 Pendahuluan; Bab II Landasan Teori; Bab III Setting Wilayah Penelitian SMA Negeri 1 Lintang Kanan Kabupaten Empat Lawang; Bab IV Hasil Penelitian dan; Bab V. Penutup. Masalah yang di teliti dalam skripsi ini adalah bagaimana peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam penyelenggaraan pendidikan di SMA Negeri 1 Lintang Kanan Kabupaten Empat Lawang. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam penyelenggaraan pendidikan di SMA Negeri 1 Lintang Kanan Kabupaten Empat Lawang. Adapun tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam penyelenggaraan pendidikan di SMA Negeri 1 Lintang Kanan Kabupaten Empat Lawang. Untuk mengetahui Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam penyelenggaraan pendidikan di SMA Negeri 1 Lintang Kanan Kabupaten Empat Lawang.. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Dan teknik pengumpulan data di peroleh dari data primer dan sekunder yang di kumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan dari hasil penelitian, maka dapat di ketahui bahwa hasil penelitian tentang peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam melaksanakan tugasnya sebagai supervisor/pengawas kepala sekolah di SMA Negeri 1 Lintang Kanan Kabupaten Empat Lawang, sudah melaksanakan program supervisinya dengan baik. Dan berbagai usaha sudah diusahakan diantaranya adalah, kepala sekolah melakukan kunjungan kelas, melaksanakan supervisi satu bulan dalam sekali, sudah menempatkan guru sesuai dengan latar belakang pendidikannya, serta mengikut sertakan guru dalam penataran, seminar, atau pelatihan-pelatihan baik yang diadakan di Depdiknas maupun diluar Depdiknas, kepala sekolah memberikan penghargaan kepada guru yang berprestasi, pengembangan karir, dan memberikan pengarahan kepada guru-guru, serta melakukan pembinaan. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi peran kepala sekolah sebagai supervisor adalah: yang pertama faktor pendorong kepala sekolah dalam melaksanakan supervisinya adalah, kerja sama, kedisiplinan kerja, sarana prasarana, pengawasan terhadap guru dan faktor masyarakat. Sedangkan faktor penghambat kepala sekolah dalam melaksanakan supervisinya adalah, fasilitas sekolah, kondisi kerja, dana, kesejahteraan ekonomi guru.