PENGARUH STRATEGI KOMUNIKASI GURU TERHADAP SIKAP SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 7 PALEMBANG
Main Author: | Pranata, Yudha |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenfatah.ac.id/14280/1/SKRIPSI_Yudha%20Pranata_1657010124.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/14280/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Pengaruh Strategi Komunikasi Guru Terhadap Sikap dan Perilaku Siswa Kelas X di SMA Negeri 7 Palembang”. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh strategi komunikasi guru terhadap sikap dan perilaku siswa kelas x di sma negeri 7 Palembang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori humanisme yang dikemukakan oleh Ncneil pada tahun 1977, Teori ini lebih pada sisi perkembangan kepribadian manusia. Dalam proses komunikasi interpersonal yang melibatkan dua orang atau lebih dalam situasi interaksi, komunikator menjadi suatu pesan, lalu menyampaikannya kepada komunikan, dan komunikan mengawasi pesan tersebut. Sampai disitu komunikator menjadi encoder dan komunikan menjadi decoder. Akan tetapi, karena komunikasi interpersonal itu bersifat dialogis, maka ketika komunikan memberikan jawaban, ia kini menjadi encoder dan komunikator menjadi decoder. adapun tiga indikator yaitu Disiplin, Toleransi dan Sopan Santun. Metode pada penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Strategi Komunikasi Guru Terhadap Sikap dan Perilaku Siswa yaitu sebesar 81.4%. dan berdasarkan nilai t, sebesar 35.777 > 1.665, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh antara Strategi Komunikasi Guru Terhadap Sikap dan Perilaku Siswa.