UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENTINGNYA KOPERASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS IV MI MARFUAH PALEMBANG

Main Author: Susilawati, anita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/14151/1/BAB%20I.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/14151/2/BAB%20II.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/14151/3/BAB%20III.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/14151/4/BAB%20IV.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/14151/5/BAB%20IV%202%20skl.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/14151/6/BAB%20V.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/14151/
Daftar Isi:
  • Permasalah yang terjadi di kelas adalah ketuntasan klasikal siswa belum tercapai, halini disebabkan beberapa faktor, diantaranya karena metode dan pendekatan yang digunakan guru kurang mendorong siswa untuk belajar aktif dan kreatif, sehingga penyajian materi pelajaran oleh guru cenderung monoton, guru cenderung lebih banyak ceramah dan kurang variatif dalam menggunakan model pembelajaran, Berdasarkan latar belakang masalah, maka penelitian ini mempunyai rumusan permasalahan Apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Marfuah Palembang materi pentingnya koperasi? Dari masalah ini tujuanya adalahuntuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pentingnya koperasi dengan menerapkan strategi Make a Match di kelas IV MI Marfuah Palembang. Subjek penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah siswa kelas IV MI Marfuah Palembang, yang berjumlah 24 orang siswa, dengan pertimbangan kelas IV adalah kelas yang penulis hadapi dan masalah yang ditemui adalah dikelas yang penulis hadapi itu sendiri. Penelitian ini dilaksnakan di MI Marfuah Palembang, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes formatif. Sementara tindakan dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana setiap siklus di lakukan melalu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Berdasarkan pengamatan, observasi, dan menyajikan nilai hasil belajar siswa maka dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Marfuah Palembang materi pentingnya koperasi peningkatan hasil belajar tersebut ditandai dengan adanya peningkatan nilai yaitu dari pelaksanaan siklus I sampai ke siklus II terdapat peningkatan nilai rata-rata, dimana kondisi awal sebelum perbaikan nilai rata-rata 59.58, hasil perbaikan siklus I menjadi 68.12 dan pada siklus II menjadi 83.1. kemudian peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam tiga siklus pada pra siklus yang tuntas hanya 2 orang yang tidak tuntas 22 orang, siklus 1 naik menjadi 12 orang yang tidak tuntas 12 orang kemudian pada siklus 2 naik menjadi 24 orang yang tuntas