PENERPAN METODE ILMA DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT ANAK KELA IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAYAH MIFTAHUL ULUM MAKARTI JAYA KECAMATAN MAKARTI JAYA KABUPATEN BANYUASIN

Main Author: SARI, MAYA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/14134/1/bab%20II.docx
http://repository.radenfatah.ac.id/14134/2/bab1.doc
http://repository.radenfatah.ac.id/14134/3/bab%20III.docx
http://repository.radenfatah.ac.id/14134/4/bab%20IV.docx
http://repository.radenfatah.ac.id/14134/5/bab%20V.docx
http://repository.radenfatah.ac.id/14134/
Daftar Isi:
  • Judul skripsi ini adalah “Penerapan Metode Imla’ dalam Meningkatkan Daya Ingat Anak Kelas IV Pada Mata Pelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Jaya Kecamatan Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin”. Judul ini terdiri dari lima bab, dan masalah yang diteliti adalah bagaimana penerapan metode imla’ pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Makarti Jaya, kemudian bagaimana daya ingat anak kelas IV setelah penerapan metode imla’ pada pembelajaran Bahasa Arab serta apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan metode imla’ pada mata pelajaran bahasa Arab dalam meningkatan daya ingat anak kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Makarti Jaya Kecamatan Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif maksudnya penjelasan terhadap seluruh fenomena yang dikaitkan dengan permasalahan yang diteliti. Yakni mengetegahkan, menguraikan, menggambarkan, atau menyajikan seluruh permasalahan yang berkaitan dengan penelitian. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data yaitu: observasi untuk mengamati dan mencatat secara sistematis tentang penerapan metode imla’, wawancara ditujukan kepada kepala sekolah untuk mendapatkan data tentang sejarah berdirinya Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Makarti Jaya, dan ditujukan kepada guru bahasa Arab untuk mendapatkan data tentang cara pelaksanaan metode imla’ dan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode imla’ pada mata pelajaran Bahasa Arab, dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data yang objektif mengenai sarana dan prasarana, jumlah guru dan karyawan, jumlah siswa dan lain sebagainya. Tes ditujukan kepada siswa kelas IV gunanya adalah untuk mengetahui bagaimana daya ingat atau daya serap siswa setelah penerapan metode imla’. Hasil penelitian yang telah kumpulkan yaitu dalam menerapkan metode imla’ guru yang mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Makarti Jaya sudah membuat rancangan pembelajaran sebelum melaksanakan pembelajaran. Adapun pelaksanaannya yaitu siswa mempersiapkan alat tulis yang akan digunakan, kemudian guru membacakan potongan-potongan kalimat yang telah dijelaskan sebelumnya, setelah itu siswa menulis kalimat yang diucapkan guru di bukunya masing-masing kemudian guru mengoreksi hasil yang ditulis siswa. Sedangkan daya ingat anak setelah penerapan metode imla’ sudah cukup baik. Terdapat anak yang sudah menulis harkat dan huruf sesuai kaidah nahwu dan sharaf dalam penulisan Arab sebanyak 46,7%, siswa yang sudah menulis huruf perhuruf hingga menjadi kalimat yang sempurna sesuai struktur penulisan Arab terdapat sebanyak 33,33% dan ada sebagian siswa yang belum mengerti dan tidak bisa menulis dengan kaidah penulisan Arab sebanyak 13,33%. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode imla’ yaitu faktor guru, faktor siswa dan sarana dan prasarana.