Daftar Isi:
  • Sekolah tidak hanya sebagai tempat peserta didik menerima berbagai ilmu pengetahuan, tetapi merupakan salah satu lingkungan pendidikan yang mempunyai pengaruh besar dalam membentuk perilaku keagamaan.Salah satu peranan sekolah dalam membantu pembentukan perilaku keagamaan peserta didik adalah dengan memberikan pelajaran tambahan (esktrakurikuler) berupa bimbingan rohani seperti yang dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Palembang. Adapun permasalahan yang dibahas adalah bagaimana keaktifan esktrakurikuler Rohani Islam (ROHIS), tanggapan peserta didik terhadap keaktifan ekstrakurikuler Rohani Islam (ROHIS) serta pengaruhnya terhadap perilaku keagamaan.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan keaktifan ekstrakurikuler Rohani Islam (ROHIS) terhadap perilaku keagamaan peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Palembang. Jenis penelitian ini adalah field research, artinya penelitian lapangan.Populasinya adalah peserta didik kelas XI dan XII di Madrasah Aliyah Negeri 2 Palembang yang keseluruhannya berjumlah 618 orang.Karena besar jumlah populasi, maka digunakan teknik random sampling, maksudnya mengambil sebagian populasi responden, yakni diambil secara acak sebanyak 62 orang atau 10%.Jenis data ini ada dua, yakni kuantitatif dan kualitatif.Sumber data penelitian ini ada dua, yakni primer dan sekunder.Teknik pengumpulan data ada empat, yakni observasi, angket, wawancara dan dokumentasi.Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Kemudian disimpulkan, bahwa adanya korelasi yang positif antara pelaksanaan ekstrakurikuler Rohani Islam (ROHIS) terhadap perilaku keagamaan peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari uji Tinggi, Sedang, Rendah (TSR) dan dibuktikan dari hasil perhitungan Angka Indeks Korelasi “r” Product Momentlebih besar daripada indeks nilai “r” tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1%, dimana 5% < rxy> 1% atau sama dengan 0,250 < 1,62 > 0,325