UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN DUA BILANGAN SATU ANGKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH KELAS IC DI MI AHLIYAH 2 PALEMBANG

Main Author: MARDIAH, MARDIAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/13918/1/BAB%20I%20MARDIAH.docx
http://repository.radenfatah.ac.id/13918/2/BAB%20II%20MARDIAH.docx
http://repository.radenfatah.ac.id/13918/3/BAB%20III%20mardiah.docx
http://repository.radenfatah.ac.id/13918/4/BAB%20IV%20MARDIAH%20ok.docx
http://repository.radenfatah.ac.id/13918/5/BAB%20V%20mardiah%20ok.docx
http://repository.radenfatah.ac.id/13918/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Penjumlahan Dua Bilangan Satu Angka Dengan Model Pembelajaran Make a Match Kelas IC MI Ahliyah 2 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (file research) yang terdiri atas 5 (lima) bab. Sedangkan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi Penjumlahan Dua Bilangan Satu Angka kelas IC MI Ahliyah 2 Palembang dan apakah dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi Penjumlahan Dua Bilangan Satu Angka kelas IC MI Ahliyah 2 Palembang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara penerapan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi Penjumlahan Dua Bilangan Satu Angka kelas IC MI Ahliyah 2 Palembang dan untuk mengetahui apakah pelaksanaan model Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi Penjumlahan Dua Bilangan Satu Angka kelas IC MI Ahliyah 2 Palembang. Penelitian ini dilakukan karena sangat rendahnya hasil belajar siswa dan diikuti dengan kurangnya aktivitas siswa pada kegiatan proses pembelajaran Matematika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 (dua ) siklus. Diawali dengan kegiatan prasiklus dan setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan (Pengumpulan Data), dan Refleksi. Hasil penelitian pada pra siklus, siswa dengan ketuntasan belajar hanya 8 siswa (33,33%) dengan nilai rata-rata 54,58. Kemudian hasil penelitian pada siklus I dengan melihat hasil belajar, siswa dengan ketuntasan belajar mencapai 17 siswa (70,83%) dengan nilai rata-rata 67,83. Dan pada hasil penelitian pada siklus II dengan melihat hasil belajar, siswa dengan ketuntasan belajar telah mencapai 24 siswa (100%) dengan nilai rata-rata 87,5. Maka setelah melihat perkembangan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi Penjumlahan Dua Bilangan Satu Angka melalui model pembelajaran Make a Match terdapat peningkatan yang sangat signifikan mulai dari prasiklus, siklus I, dan siklus II.