STUDI PERBANDINGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SERTIFIKASI DAN NON SERTIFIKASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 98 KECAMATAN SEMIDANG AJI KABUPATEN OGAN KOMERING ULU

Main Author: DARSINI, HELMA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/13895/1/BAB%201.doc
http://repository.radenfatah.ac.id/13895/2/BAB%20II.doc
http://repository.radenfatah.ac.id/13895/3/BAB%20III.doc
http://repository.radenfatah.ac.id/13895/4/BAB%20IV%20%26%20V.doc
http://repository.radenfatah.ac.id/13895/
Daftar Isi:
  • Kompetensi pedagogik adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik, dan merupakan kompetensi utama yang harus dimiliki oleh semua guru dan berawal dari kompetensi inilah perubahan dan kemajuan peserta didik akan terjadi sangat pesat dan kondusif. Adanya program sertifikasi guru dari pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kesejahteraan guru membuat para guru berlomba-lomba untuk mengikuti sertifikasi guru tersebut. Dengan melihat permasalahan tersebut maka penulis tertarik untuk meneliti “Studi Perbandingan Kompetensi Pedagogik Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 98 Kecamatan Semidang Aji Kabupaten Ogan Komering Ulu”. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana kompetensi pedagogik guru sertifikasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 98 Kecamatan Semidang Aji Kabupaten Ogan Komering Ulu. 2) Bagaimana kompetensi pedagogik guru non sertifikasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 98 Kecamatan Semidang Aji Kabupaten Ogan Komering Ulu. 3) Adakah perbedaan kompetensi pedagogik antara guru sertifikasi dan guru non sertifikasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 98 Kecamatan Semidang Aji Kabupaten Ogan Komering Ulu. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru sertifikasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 98 Kecamatan Semidang Aji Kabupaten Ogan Komering Ulu. 2) Untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru non sertifikasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 98 Kecamatan Semidang Aji Kabupaten Ogan Komering Ulu. 3) Untuk mengetahui adakah perbedaan kompetensi pedagogik antara guru sertifikasi dan guru non sertifikasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 98 Kecamatan Semidang Aji Kabupaten Ogan Komering Ulu. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa SDN 98 Kecamatan Semidang Aji Kabupaten Ogan Komering Ulu. Sedangkan yang menjadi sampel adalah siswa kelas IV dan siswa kelas V yang berjumlah 48 orang. Metode yang penulis gunakan untuk memperoleh data adalah metode dokumentasi, observasi, wawancara dan angket. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah data kuantitatif . Kesimpulan dalam penelitian ini adalah, bahwa kompetensi pedagogik guru sertifikasi tergolong sedang terbukti dengan persentase 62,5%, kompetensi pedagogik guru non sertifikasi juga tergolong sedang dengan perolehan persentase 62.5% dan ternyata tidak ada perbedaan kompetensi pedagogik antara guru yang telah sertifikasi dan guru yang non sertifikasi.