PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DI MTS AL-IKHLAS PEMETUNG BASUKI KECAMATAN BUAY PEMUKA PELIUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR

Main Author: NAFI’AH, ISTIANATUN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/13881/1/09.%20BAB%20I.docx
http://repository.radenfatah.ac.id/13881/2/10.%20BAB%20II.docx
http://repository.radenfatah.ac.id/13881/3/11.%20BAB%20III.docx
http://repository.radenfatah.ac.id/13881/4/12.%20BAB%20IV.docx
http://repository.radenfatah.ac.id/13881/5/13.%20BAB%20V.docx
http://repository.radenfatah.ac.id/13881/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh Sebelum dan Sesudah Penerapan Metode Student Facilitator And Explaining Di MTs Al-Ikhlas Pemetung Basuki Kecamatan Buay Pemuka Peliung Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Permasalahn dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode student facilitator and explaining pada mata pelajaran fiqh di MTs Al-Ikhlas Pemetung Basuki Kecamatan Buay Pemuka Peliung Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur berbeda secara signifikan. Tujuan penelitian metode student facilitator and explaining untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh di kelas VIII MTs Al-Ikhlas Pemetung Basuki. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII.1 MTs Al-Ikhlas Pemetung Basuki Kecamatan Buay Pemuka Peliung Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur yang berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Lokasi penelitian di MTs Al-Ikhlas Pemetung Basuki Kecamtaqn Buay Pemuka Peliung Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Sebelum peneliti menerapkan metode student facilitator and explaining, hasil belajar siswa masih rendah 27,58% atau 8 orang siswa dari 29 siswa yang bernilai baik/tuntas. Hasil belajar siswa dikategorikan baik dalam pembelajaran fiqh sesudah penerapan metode student facilitator and explaining, dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang tergolong tinggi 75,86% atau 22 orang siswa dari 29 siswa yang bernilai baik/tuntas. Jadi kesimpulan penelitian ini adalah bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh sebelum dan sesudah penerapan metode student facilitator and explaining di MTs Al-Ikhlas Pemetung Basuki Kecamatan Buay Pemuka Peliung Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur.