PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMA ‘AISYIYAH 1 PALEMBANG
Main Author: | SAFITRI, OKTA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.radenfatah.ac.id/13814/1/isi%20skripsi%20okta.docx http://repository.radenfatah.ac.id/13814/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) terhadap hasil belajar matematika siswa di SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen berbentuk post-test only control design. Penelitian ini mengambil dua kelas yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, kelas X. 1 sebagai kelas eksperimen yakni memperoleh pembelajaran Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB), dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol yaitu memperoleh pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes dan wawancara kepada siswa. Data yang diperoleh dari hasil wawancara dianalisis secara deskriptif. Data yang diperoleh dari hasil tes digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t. Dari hasil analisis diperoleh thitung = 2,105 dan dengan α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,996 yang berarti thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak yaitu terdapat pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) terhadap hasil belajar peserta didik, dan hasil wawancara diperoleh respon positif dari siswa mengenai pembelajaran menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB). Kata kunci : Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB), pembelajaran matematika, hasil belajar