UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA TENTANG PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA MELALUI METODE CARD SORT DI KELAS IV MI AL-HIDAYAHBETUNG KABUPATEN BANYUASIN
Main Author: | LISMAHAYATI, LISMAHAYATI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.radenfatah.ac.id/13774/1/BAB%20I%20LISMA.docx http://repository.radenfatah.ac.id/13774/2/BAB%20II%20lisma.docx http://repository.radenfatah.ac.id/13774/3/BAB%20III%20lisma.docx http://repository.radenfatah.ac.id/13774/4/BAB%20IV%20lisma%20oke.docx http://repository.radenfatah.ac.id/13774/5/BAB%20V%20lismahayati.docx http://repository.radenfatah.ac.id/13774/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul Upaya Meningkatkan hasil belajar siswa Melalui Model Pembelajaran Card Sort Pada Mata Pelajaran IPA Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya di Kelas IV MI Alhidayah Betung Banyuasin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (fild research) yang terdiri atas 5 (lima) bab. Sedangkan permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya di kelas IV MI Alhidayah Betung Banyuasin. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui model pembelajaran card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA tentang penggolongan hewan berdasarkan makanannya di kelas IV MI Alhidayah Betung Banyuasin. Penelitian ini dilakukan karena sangat rendahnya hasil belajar siswa dan diikuti dengan kurangnya aktivitas siswa pada kegiatan proses pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 (dua ) siklus. Diawali dengan kegiatan prasiklus dan setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan (Pengumpulan Data), dan Refleksi. Hasil penelitian pada pra siklus, siswa dengan ketuntasan belajar hanya 9 orang siswa (42,86%), dengan nilai rata-rata 62,86. Kemudian hasil penelitian pada siklus I dengan melihat skor nilai ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 14 orang siswa (66,67%), dengan nilai rata-rata 75,24. Dan pada hasil penelitian pada siklus II dengan melihat skor nilai ketuntasan belajar meningkat mencapai semua siswa yaitu 21 orang siswa (100%), dengan nilai rata-rata 93,81. Maka setelah melihat perkembangan hasil belajar dan peningkatan ketuntasan belajar siswa pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya melalui diterapkannya model pembelajaran card sort terdapat peningkatan yang sangat signifikan pada prasiklus, siklus I, dan pada siklus II.