PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU CETAK BERBASIS KEARIFAN LOKAL PEMBELAJARAN TEMATIK SUBTEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU KELAS IV SD NEGERI 1 TERUSAN MENANG

Main Author: ISTIA, DUWIK
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/13650/1/BAB%20I.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/13650/2/BAB%20V.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/13650/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji produk bahan ajar buku cetak berbasis kearifan lokal pembelajaran tematik subtema indahnya keberagaman budaya negeriku kelas IV SD/MI yang valid (2) mengetahui produk bahan ajar buku cetak berbasis kearifan lokal pembelajaran tematik subtema indahnya keberagaman budaya negeriku kelas IV SD/MI yang praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (research and development) yaitu pengembangan bahan ajar buku cetak berbasis kearifan lokal. Model pengembangan media pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Terusan Menang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan (1) Pengembangan bahan ajar buku cetak berbasis kearifan lokal dikategorikan sangat valid. Hal ini terlihat dari hasil validasi ahli desain sebesar 86% dikategorikan sangat valid, validasi asli bahasa sebesar 89% dikategorikan sangat valid, dan validasi ahli materi sebesar 95% dikategorikan sangat valid (2) Bahan ajar buku cetak berbasis kearifan lokal dikategorikan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini terbukti dari hasil angket uji kepraktisan peserta didik yang memperoleh interval tingkat pencapaian sebesar 91%. KATA KUNCI: Pengembangan, Bahan Ajar, Kearifan Lokal, ADDIE