PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRAKTEK BERPASANGAN) PADA MATERI SHOLAT DI KELAS IV MI DARUSSALAM KERAMASAN KERTAPATI PALEMBANG

Main Author: RAHMAH, SITI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/13227/1/BAB%20I%20SITI%20RAHMAH.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/13227/2/BAB%20II%20SITI%20RAHMAH.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/13227/3/BAB%20III%20%20SITI%20RAHMAH.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/13227/4/BAB%20IV%20SITI%20RAHMAH.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/13227/5/BAB%20V%20%20siti%20rhmah.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/13227/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan identifikasi masalah, maka penelitian ini mempunyai rumusan permasalahan : bagaimana hasil belajar siswa materi sholat id pada siswa kelas IV MI Darussalam Keramasan Palembang sebelum menerapkan strategi practice rehearsal pairs (praktik berpasangan) dan bagaimana hasil belajar siswa materi sholat id pada siswa kelas IV MI Darussalam Keramasan Palembang sesudah diterapkan strategi practice rehearsal pairs (praktik berpasangan)? Dari masalah ini maka tujuanya adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa materi sholat id pada siswa kelas IV MI Darussalam Keramasan Palembang sebelum dan sesudah menerapkan strategi practice rehearsal pairs (praktik berpasangan) Subjek penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah siswa kelas IV MI Darussalam Keramasan Palembang, yang berjumlah 25 orang siswa, dengan pertimbangan kelas IV adalah kelas yang penulis hadapi dan masalah yang ditemui adalah dikelas yang penulis hadapi itu sendiri, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes formatif. Sementara tindakan dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana setiap siklus di lakukan melalu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan penggunaan Strategi Practice Reherseal Pairs di MI Darussalam Palembang dapat meningkatkan hasil belajar. Karena hasil belajar yang diperoleh sebelum dan sesudah diterapkanya Strategi Practice Reherseal Pairs terjadi peningkatan yang siginifikan . Hal ini dapat di lihat dari : Hasil belajar siswa materi sholat id pada siswa kelas IV MI Darussalam Keramasan Palembang sebelum menerapkan strategi practice rehearsal pairs (praktik berpasangan) yaitu dilihat dari nilai rata-rata dimana kondisi awal sebelum perbaikan nilai rata-rata siswa 54 dan berdasarkan ketuntasan belajar siswa berdasarkan KKM (70) yaitu pada pra-siklus terdapat 3 anak yang tuntas Hasil belajar siswa materi sholat id pada siswa kelas IV MI Darussalam Keramasan Palembang sesudah diterapkan strategi practice rehearsal pairs (praktik berpasangan) yiatu peningkatan dilihat dari nilai rata-rata dimana hasil perbaikan siklus I menjadi 68.4 dan pada siklus II menjadi 82. kemudian peningkatan ketuntasan belajar siswa dari pra siklus hingga siklus 2 sebagai siklus terahir dalam tindakan perbaikan pembelajaran yang dilakukan yaitu pada siklus 1 naik lagi menjadi 14 anak yang tuntas kemudian pada siklus ke 2 anak yang tuntas sudah mencapai 25 anak atau 100% tuntas