PENGARUH METODE BUZZ GROUP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VII MTs PATRA MANDIRI PALEMBANG
Main Author: | RATNASARY, DESI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenfatah.ac.id/13009/1/skripsi%20desi%20fixxxx%20PDF.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/13009/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan memegang peranan penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa oleh sebab itu perlu usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan dapat dilihat dari keberhasilan pendidikan formal yang berupa hasil belajar siswa. Untuk meningkatkan mutu pendidikan diperlukan adanya peningkatan dan pengembangan sistem pengajaran hasil observasi awal disekolah masih kurangnya penggunan metode yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa sehingga perlunya penggunaan metode pembelajaran yang mampu meningkatkan kemamuan bepikir kreatifnya salah satunya adalah metode Buzz Group. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Buzz Group terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran biologi kelas VII di MTs Patra Mandiri Palembang. Rancangan penelitian ini menggunakan Nonequialent control group design dengan metode Quasi-Eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 73 siswa. Setelah data diperoleh dari hasil penelitian maka data tersebut dianalisis dengan 2 cara, yaitu dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif penggunaan metode Buzz Group terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, yaitu thitung 5,287 > ttabel 1,669 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka ha diterima dan h0 ditolak. Penggunaan metode Buzz Group berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif di MTs Patra Mandiri Palembang.