PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs N 3 OGAN ILIR

Main Author: SARI, DIANA LESI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/12967/1/BAB%20I.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/12967/2/BAB%20II.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/12967/3/BAB%20III.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/12967/4/BAB%20V.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/12967/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh motivasi dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran problem posing pada materi bilangan pecahan di MTs N 3 Ogan Ilir. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design. Populasi penelitian ini terdiri dari 6 kelas dan dipilih 2 kelas sebagai sampel, yaitu kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan VII.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes sebagai pengukur hasil belajar, lembar observasi siswa sebagai pengukur motivasi belajar dan lembar observasi pelaksanaan pendekatan pembelajaran Problem posing untuk melihat keterlaksanaan pendekatan pembelajaran Problem posing. Analisis data yang digunakan untuk tes yaitu uji t dengan taraf signifikan = 0,05, diperoleh thitung = 2,053 dan ttabel = 1,999. Hasil analisis dapat menunjukkan bahwa ada pengaruh pendekatan pembelajaran Problem posing terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika siswa kelas VII MTs N 3 Ogan Ilir. Sedangkan untuk observasi diambil selama proses pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran problem posing dengan mengisi lembar observasi dari pertemuan pertama sampai pertemuan kedua dengan rata-rata persentase motivasi yang diperoleh adalah 81,23% yang dikategorikan sangat termotivasi. Hasil persentase dapat menunjukkan bahwa ada pengaruh pendekatan pembelajaran problem posing terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika siswa kelas VII MTs N 3 Ogan Ilir.