PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH II PALEMBANG
Main Author: | RAHMAWATI, ELY |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.radenfatah.ac.id/12916/1/ELY%20RAHMAWATI%20%2813%2027%200029%29.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/12916/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul, “pengaruh penerapan model pembelajaran ARIAS(assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtdaiyah Hijriah II Palembang”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut, (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran ARIAS(assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction)pada siswa kelas V mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang?, (2) Bagaimana hasil belajar siswa sesudah menerapkan model pembelajaran ARIAS(assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction)pada siswa kelas V mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang?, (3) Bagiamana pengaruh penerapan model pembelajaran ARIAS (assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction)terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang?. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Bentuk design true-experimental dalam bentuk posttest-only control group. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara probability sampling dengan teknik simple random sampling. Adapun populasi siswa kelas V yang berjumlah 136 siswa, dengan sampel kelas VA dan VD. Dalam memperoleh data penulis menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus t-test. Hasil penelitian tersebut menunjukkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran ARIAS(assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction)terhadap hasil belajar siswa. Persentase hasil belajar siswa kelompok kontrol dikategorikan tinggi berjumlah 8 orang (23%), kategori sedang 21 orang (60%), dan kategori rendah 6 orang (1%). Sedangkan hasil belajar siswa kelompok eksperimen dikategorikan tinggi berjumlah 11 orang (32%), kategori sedang 20 orang (59%), dan kategori rendah 3 orang (9%). Berdasarkan analisis data dengan rumus t-test adalah nilai perhiungan t-test lebih besar dari pada t-tabel, baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% dengan rincian 2,00 < 3,57 > 2,65, Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan dari penelitian ini, yakni terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran ARIAS(assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction)terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang