Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan desain posttest only contol design. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 4 Talang Kelapa dengan populasi seluruh siswa kelas VII tahun ajaran 2018-2019 yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling sehingga didapat kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen yang akan diberikan perlakuan yaitu pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran konvensional sebagai pembandingnya. Penelitian dilaksanakan selama masing-masing tiga kali pertemuan, dua kali pertemuan untuk pembelajaran dan satu kali pertemuan untuk post-test. Data penelitian dikumpulkan melalui tes. Tes digunakan untuk melihat hasil belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberi perlakuan. Berdasarkan analisis hasil tes, menunjukkan bahwa hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Perhitungan statistik yang didapat dari hasil tes menghasilkan