PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MTs PATRA MANDIRI PLAJU

Main Author: YUDIYA, YUDIYA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/12618/1/SKRIPSI%20YUDIYA%2013222118.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/12618/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas VII MTS Patra Mandiri Plaju. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup kelas VII MTs Patra Mandiri Plaju. Desain penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design dengan metode eksperimen semu (quasi experimental). Sampel penelitian berjumlah 72 siswa. Berdasarkan hasil kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaraan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari pada pembelajaraan konvensional (metode diskusi). Hal ini dapat dilihat dari perhitungan uji hipotesis atau uji-t menunjukkan Asymp Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil analisis rata-rata ketuntasan indikator kemampuan berpikir kritis pada kelas kontrol hanya berkisar 5% sampai 27%, sedangkan pada kelas eskperimen berkisar 20% sampai 40%. Artinya kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol lebih rendah daripada kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen. Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII MTs Patra Mandiri Plaju.