PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDE NOTED TAKING TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATERI EKOSISTEM KELAS VII DI MTs AULIA CENDEKIA PALEMBANG

Main Author: AISYAH, SITI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/12411/1/SKRIPSI%20pdf.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/12411/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking terhadap Minat Belajar pada Materi Ekosistem Kelas VII di MTs Aulia Cendekia Palembang. Desain penelitian ini menggunakan posttest-only control design dengan metode true eksperiment. Sampel penelitian berjumlah 35 siswa. Berdasarkan hasil analisis minat belajar siswa menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran Guided Note Taking lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan uji-t dengan taraf signifikan 5% dengan perolehan thitung˃ ttabel atau 11,38 ˃ 1,670, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil analisis skor rata-rata minat belajar siswa kelas eksperimen sebesar 73,17 sedangkan minat belajar siswa di kelas kontrol sebesar 58,6 artinya minat belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada minat belajar siswa kelas kontrol. Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa Strategi Pembelajaran Guided Note Taking berpengaruh terhadap Minat Belajar pada Materi Ekosistem Kelas VII di MTs Aulia Cendekia Palembang.