PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MTs PARADIGMA PALEMBANG
Main Author: | IKHWAN, IKHWAN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.radenfatah.ac.id/12097/1/BAB%201.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/12097/2/BAB%20II.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/12097/3/BAB%20III.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/12097/4/bab%20IV.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/12097/5/BAB%20V.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/12097/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Paradigma Palembang Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian true experimental design dan rancangan posttest only control group design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII terdiri dari tiga kelas. Sampel penelitian sebanyak 56 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling yaitu memilih dua kelas secara acak dari 3 kelas. Sampel penelitian pada kelas eksperimen yaitu kelas VIII.A dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning dan kelas kontrol yaitu kelas VIII.B dengan menggunakan pendekatan konvensional. Berdasarkan analisis dengan uji-t, thitung = 2,336 sehingga thitung > ttabel (2,336 > 1,6746) maka H0 ditolak dan menerima Ha yang berarti bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belaja siswa pada pembelajaran matematika di MTs Paradigma Palembang.