PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX DI MTs TAHSILIYAH TALANG PANGERAN

Main Author: MARFU’AH, MARFU’AH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/12012/1/BAB%20I.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/12012/2/BAB%20II.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/12012/3/BAB%20III.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/12012/4/BAB%20V.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/12012/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pendekatanRealistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design. Populasi penelitian ini terdiri dari 3 kelas dan dipilih 2 kelas sebagai sampel, yaitu kelas IX.1 sebagai kelas eksperimen dan IX.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes sebagai pengukur hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan yaitu uji t dengan taraf signifikan = 0,05, diperoleh thitung = 2,93dan ttabel = 1,67. Hasil analisis dapat menunjukkan bahwa ada pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX di MTs Tahsiliyah Talang Pangeran. Kata Kunci : Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Hasil Belajar