IMPLEMENTASI STRATEGIK DALAM PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH II PALEMBANG
Main Author: | JASMANI, JASMANI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.radenfatah.ac.id/11831/1/BAB%20I.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/11831/2/BAB%20II.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/11831/3/BAB%20III.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/11831/4/BAB%20IV.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/11831/5/BAB%20V.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/11831/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Implementasi Strategik Dalam Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang”. Manajemen strategik adalah proses perencanaan, implementasi, dan evaluasi strategik untuk mencapai tujuan. Selain perencanaan strategik hal yang lebih penting lagi adalah implementasi strategik. Implementasi strategik merupakan bentuk dari perencanaan strategik. Implementasi strategik dalam pendidikan melibatkan upaya besar yang bertujuan mentransformasikan tujuan strategik dalam bentuk tindakan yaitu dengan penyelenggaraan program sekolah atau kegiatan. Betapapun bagusnya perencanaan strategik apabila tidak diimplementasikan tentu tidak akan bermakna apa-apa bagi pengembangan sekolah. Di MI Hijriyah II Palembang tidak terlihatnya program madrasah atau kegiatan, hanya terlihat kegiatan pembelajaran di kelas. Hal inilah yang melatar belakangi peneliti mengangkat tema Implementasi Strategik Dalam Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang, dan apa saja kendala�kendala dalam Implementasi Strategik Dalam Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang. Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui bagaimana implementasi strategik dalam pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang dan untuk mengetahui kendala-kenda implementasi strategik dalam pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang. Pendekatan penelitian ini adalah dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Teknik analisis data yaitu Data reduction (Reduksi data), Data display (Penyajian data), Conclusion Drawing/Verification (Kesimpulan). Hasil penelitian ini adalah: Pertama, implementasi strategik dalam pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang belum terlaksana dengan baik. Implementasi strategik dalam pendidikan adanya program madrasah atau kegiatan yang berorientasi tujuan madrasah, adanya anggaran dari dana BOS untuk menjalankan program atau kegiatan madrasah, dan adanya prosedur disetiap program atau kegiatan. Akan tetapi ada program atau kegiatan yang berjalan seperti: kegiatan bidang kurikulum, kesiswaan, sarana prasarana, pembelajaran, kegiatan senam sehat, hafalan do’a-do’a, hafalan do’a-do’a sehari-hari, bacaan solat, kegiatan pramuka, dan upacara. Sedangkan program atau kegiatan yang belum berjalan seperti: perpustakaan, UKS, solat berjamaa’ah, dan peringatan hari-hari besar Islami. Kedua, kendala-kendala dalam implementasi strategik dalam pendidikan yaitu waktu yang terbatas untuk melaksanakan program atau kegian, anggaran yang terhambat untuk menjalankan kegiatan, anggaran yang sering telat atau tidak tepat waktu, kurang memadainya sarana prasarana dan SDM