PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN METAPHORMING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR DALAM BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS XI DI MAN 2 PALEMBANG

Main Author: Septasari, Popi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/11722/1/B.%20BAB%20I.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/11722/2/F.%20BAB%20V.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/11722/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan berdasarkan kasus di lapangan di mana model pembelajaran yang digunakan hanya berfokus pada keaktifan siswa, guru menggunakan model pembelajaran konvensional yang dominan oleh hafalan, siswa tidak banyak memberikan pernyataan dan pertanyaan sebelum guru mengajukan pertanyaan, siswa kurang optimal dalam menghasilkan ide baru, dan dari ide-ide yang ada siswa belum mengembangkannya secara optimal. Oleh karena itu, model pembelajaran metaphorming akan diterapkan untuk meningkatkan kreativitas berpikir siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental (true experimental design) dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian menggunakan desain control group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII MAN 2 Palembang. Pemilihan sampel melalui probability sampling (cluster random sampling). Instrumen penelitian menggunakan tes (uraian) dan observasi. Metode analisis menggunakan rumus kategori tinggi, sedang, rendah, uji normalitas, dan uji homogenitas. Jika data berdistribusi normal dan homogen maka dilanjutkan dengan uji-t. Pada pretest kelas eksperimen kreativitas berpikir dalam belajar siswa berada pada kategori rendah, sedangkan pada posttest kelas eksperimen berada pada kategori tinggi. Hasil penelitian kelas eksperimen menunjukkan terjadi penurunan pada kategori rendah dan kategori sedang, dari 42% (17 siswa) menjadi 35% (14 siswa), dan dari 27,5% (11 siswa) menjadi 7,5% (3 siswa). Sedangkan pada kategori tinggi terjadi peningkatan yang signifikan, yaitu dari 30% (12 siswa) menjadi 57,5% (23 siswa). Hasil analisis data berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis pretest menggunakan uji t pada tingkat kepercayaan 0,05 diperoleh thitung = - -4,06 dan ttabel = 1,665. Kemudian nilai thitung < ttabel. Pada pretest Ho diterima dan Ha ditolak atau tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol karena belum diberikan perlakuan. Pengujian hipotesis posttest diperoleh thitung = 4,40 dan ttabel = 1,665. Kemudian nilai thitung > ttabel. Dapat disimpulkan bahwa pada posttest Ho ditolak dan Ha diterima atau terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Kata Kunci: Metaphorming, Kreativitas Berpikir, Fikih