PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERRED HEADS TOGETHER DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTS AL-AMALUL KHAIR PALEMBANG

Main Author: FIRIANI, AMANAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/11275/1/AMANAH%20FITRIANI%20%2812210023%29.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/11275/
ctrlnum 11275
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.radenfatah.ac.id/11275/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE &#xD; LEARNING TIPE NUMBERRED HEADS TOGETHER DALAM &#xD; MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA &#xD; PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTS AL-AMALUL KHAIR &#xD; PALEMBANG</title><creator>FIRIANI, AMANAH</creator><description>Skripsi ini berjudul: Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning &#xD; Tipe Numberred Heads Together Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII di MTs Al&#xFFFD;Amalul Khair Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana &#xD; motivasi belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan model pembelajaran &#xD; Cooperative Learning tipe Numberred Heads Together pada mata pelajaran Fiqih &#xD; kelas VII di MTs Al-Amalul Khair Palembang?, Bagaimana motivasi belajar siswa &#xD; kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe &#xD; Numberred Heads Together pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Al-Amalul &#xD; Khair Palembang?, Apakah terdapat peningkatan yang signifikan antara motivasi &#xD; belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan model pembelajaran Cooperative &#xD; Learning tipe Numberred Heads Together dan motivasi belajar siswa kelas &#xD; eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe &#xD; Numberred Heads Together pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Al-Amalul &#xD; Khair Palembang?.Tujuan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui &#xD; motivasi belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan model pembelajaran &#xD; Cooperative Learning tipe Numberred Heads Together di MTs Al-Amalul Khair &#xD; Palembang, mengetahui motivasi belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan &#xD; model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numberred Heads Together di MTs &#xD; Al-Amalul Khair Palembang, serta mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa &#xD; kelas kontrol yang tidak diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe &#xD; Numberred Heads Together dan motivasi belajar siswa kelas eksperimen yang &#xD; diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numberred Heads &#xD; Together di MTs Al-Amalul Khair Palembang.&#xD; Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan &#xD; Eksperiemental Method dan design Post-tes only control group design. Jenis data &#xD; yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang digunakan &#xD; yaitu data primer dan data sekunder. Data primer meliputi kepala sekolah, guru, siswa &#xD; kelas VII.1 dan VII.2, sedangkan data sekunder yaitu dokumen sarana dan prasarana, &#xD; struktur organisasi, keadaan guru, keadaan siswa. Populasi dalam penelitian ini &#xD; adalah kelas VII.1 28 dan kelas VII.2 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data &#xD; dilakukan dengan metode observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara. Terlebih &#xD; dahulu data dikumpulkan, kemudian direkapitulasi, dianalisis dengan statistik dengan &#xD; menggunakan rumus mean, standar error, TSR dan persentase serta uji t.&#xD; Hasil penelitian ini adalah: pertama, motivasi belajar siswa kelas kontrol &#xD; dalam kategori sedang karena dari 28 siswa terdapat 17 siswa (60%) yang mendapat &#xD; nilai sedang. Kedua, motivasi belajar siswa kelas eksperimen dalam kategori sedang &#xD; karena dari 25 siswa terdapat 21 orang siswa (84%) yang mendapat nilai sedang. &#xD; Ketiga, terdapat peningkatan motivasi belajar antara siswa kelas kontrol dan siswa &#xD; kelas eksperimen. Dari hasil analisa statistik bahwa nilai &#x201C;to&#x201D; lebih besar dari ttabel &#xD; (baik pada signifikan 5% dan 1%) 2,00 &lt;8,117&gt; 2,65. Dengan demikian berarti &#xD; hipotesis alternatif (H0) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.radenfatah.ac.id/11275/1/AMANAH%20FITRIANI%20%2812210023%29.pdf</identifier><identifier> FIRIANI, AMANAH (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERRED HEADS TOGETHER DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTS AL-AMALUL KHAIR PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG. </identifier><recordID>11275</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author FIRIANI, AMANAH
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERRED HEADS TOGETHER DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTS AL-AMALUL KHAIR PALEMBANG
publishDate 2017
isbn 9782812210020
url http://repository.radenfatah.ac.id/11275/1/AMANAH%20FITRIANI%20%2812210023%29.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/11275/
contents Skripsi ini berjudul: Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numberred Heads Together Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII di MTs Al�Amalul Khair Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana motivasi belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numberred Heads Together pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Al-Amalul Khair Palembang?, Bagaimana motivasi belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numberred Heads Together pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Al-Amalul Khair Palembang?, Apakah terdapat peningkatan yang signifikan antara motivasi belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numberred Heads Together dan motivasi belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numberred Heads Together pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Al-Amalul Khair Palembang?.Tujuan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numberred Heads Together di MTs Al-Amalul Khair Palembang, mengetahui motivasi belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numberred Heads Together di MTs Al-Amalul Khair Palembang, serta mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numberred Heads Together dan motivasi belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numberred Heads Together di MTs Al-Amalul Khair Palembang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Eksperiemental Method dan design Post-tes only control group design. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer meliputi kepala sekolah, guru, siswa kelas VII.1 dan VII.2, sedangkan data sekunder yaitu dokumen sarana dan prasarana, struktur organisasi, keadaan guru, keadaan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII.1 28 dan kelas VII.2 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara. Terlebih dahulu data dikumpulkan, kemudian direkapitulasi, dianalisis dengan statistik dengan menggunakan rumus mean, standar error, TSR dan persentase serta uji t. Hasil penelitian ini adalah: pertama, motivasi belajar siswa kelas kontrol dalam kategori sedang karena dari 28 siswa terdapat 17 siswa (60%) yang mendapat nilai sedang. Kedua, motivasi belajar siswa kelas eksperimen dalam kategori sedang karena dari 25 siswa terdapat 21 orang siswa (84%) yang mendapat nilai sedang. Ketiga, terdapat peningkatan motivasi belajar antara siswa kelas kontrol dan siswa kelas eksperimen. Dari hasil analisa statistik bahwa nilai “to” lebih besar dari ttabel (baik pada signifikan 5% dan 1%) 2,00 <8,117> 2,65. Dengan demikian berarti hipotesis alternatif (H0) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima.
id IOS17015.11275
institution UIN Raden Fatah Palembang
affiliation fkp2tn.onesearch.id
ptki.onesearch.id
institution_id 149
institution_type library:university
library
library Repositori UIN Raden Fatah Palembang
library_id 5357
collection Repositori UIN Raden Fatah Palembang
repository_id 17015
subject_area Islam/Agama Islam
Religious Education/Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama
Psychology/Psikologi, Ilmu Jiwa
Islam and Economics/Islam dan Ilmu Ekonomi
city KOTA PALEMBANG
province SUMATERA SELATAN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS17015
first_indexed 2022-06-15T01:23:29Z
last_indexed 2022-06-15T01:23:29Z
recordtype dc
_version_ 1735663440773513216
score 17.538404