PENGARUH PENGETAHUAN, PERSEPSI DAN MOTIVASI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PADA AJB BUMIPUTERA SYARIAH CABANG LEMABANG PALEMBANG

Main Author: Rosalina, Wenny
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/11010/1/WENNY%20ROSALINA%20%2814190350%29.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/11010/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitin ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, persepsi dan motivasi konsumen terhadap keputusan menjadi nasabah pada AJB Bumiputera Syariah Cabang Lemabang Palembang. Objek penelitian ini nasabah pada AJB Bumiputera Syariah Cabang Lemabang Pelambang. Penelitian ini menggunakan empat variabel yaitu, pengetahuan (X1), persepsi (X2), Motivasi (X3) dan Keputusan menjadi nasabah (Y). Metode penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner pada 66 responden dengan metode purposive sampling. Analisis dalam penelitian ini dilakukan melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, uji linearitas, uji regresi, uji korelasi, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi dengan menggunakan bantuan SPSS 23. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat memberikan informasi mengenai pengetahuan, persepsi dan motivasi konsumen terhadap keputusan menjadi nasabah dan dapat menjadi pertimbnagan perusahaan dalam memperhatikan perilaku konsumen, serta dapat menjadi referensi untuk melengkapi penelitian-penelitian selanjutnya. Simpulan dari hasil penelitian ini diketahui bahwa: (1) Pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah dengan nilai thitung sebesar 2,238 > nilai ttabel 1,998 dan tingkat signifikansinya 0,029. (2) Persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah dengan nilai thitung sebesar 3,761 > nilai ttabel 1,998 dan tingkat signifikansinya 0,000. (3) Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah dengan nilai thitung sebesar 3, 094 > nilai ttabel sebesar 1,998 dengan tingkat signifikansinya 0,003 (4) Pengetahuan, Persepsi dan Motivasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah dengan nilai Fhitung sebesar 25,989 > nilai Ftabel 2,75 dan tingkat signifikansinya 0,000. (5) Besarnya pengaruh Pengetahuan, Persepsi dan Motivasi terhadap Keputusan Menjadi Nasabah (adjusted R 2 ) adalah sebesar 53,6%. Persamaan regresi yang di peroleh adalah Y = 1,098 + 0,194 (X1) + 0,333 (X2)) + 0,364 (X3) +e Kata kunci: pengetahuan, persepsi, motivasi, keputusan menjadi nasabah