PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH I PALEMBANG

Main Author: Novianti, Atik
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/10151/1/BAB%20I.docx
http://repository.radenfatah.ac.id/10151/2/BAB%20II.docx
http://repository.radenfatah.ac.id/10151/3/BAB%20III.docx
http://repository.radenfatah.ac.id/10151/4/BAB%20V.docx
http://repository.radenfatah.ac.id/10151/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen berbentuk pretest-posttest control group design. Penelitian ini mengambil dua kelas dengan menggunakan teknik cluster sampling, kelas X. MIPA 4 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan matematika realistik Indonesia, dan kelas X. MIPA 5 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan menggunakan media powerpoin. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan observasi kepada siswa. Data yang diperoleh dari hasil tes digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t. Dari hasil analisis diperoleh thitung = 9,05 dan ttabel = 1,67 dengan α = 0,05 yang berarti thitung > ttabel yaitu 9,05 > 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima yaitu terdapat pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan hasil observasi aktivitas belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran pada materi peluang dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia. Kata kunci : Pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia dan kemampuan pemecahan masalah matematika