ANALISIS TINGKAT KERUSAKAN PERMUKAAN JALAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN (STUDI KASUS RUAS JALAN RASAU JAYA – SULTAN AGUNG)
Main Authors: | Husaini, Fajri Husaini, Akhmadali, Akhmadali Akhmadali, Mukti, Elsa Tri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JeLAST : Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang
, 2022
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/JMHMS/article/view/60482 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/JMHMS/article/view/60482/75676595728 |
Daftar Isi:
- Pada ruas jalan Rasau Jaya – Sultan Agung, Kabupaten Kubu Raya mengalami banyak kerusakan. Penelitian ini menggunakan 2 metode, metode Pavement Condition Index dapat digunakan untuk mengetahui kondisi jalan dan untuk merencanakan tebal perkerasan kaku (rigid pavement) menggunakan metode Bina Marga 2017. Metode PCI memberikan informasi kondisi perkerasan hanya pada saat survei dilakukan dengan rentang (0-100). Pada ruas jalan Rasau Jaya – Sultan Agung didapatkan hasil analisis kondisi jalan dengan metode Pavement Condition Index sepanjang 6 km, penilaian per 1 km mulai dari STA 17 + 700 s/d STA 18 + 700 yaitu 86,3 (Sempurna), STA 18 + 700 s/d STA 19 + 700 yaitu 91 (Sempurna), STA 19 + 700 s/d STA 20 + 700 yaitu 62,1 (Baik), STA 20 + 700 s/d STA 21 + 700 yaitu 60,8 (Baik), STA 21 + 700 s/d 22 + 700 yaitu 26,2 (Buruk), STA 22 + 700 s/d STA 23 + 700 yaitu 24,6 (Sangat Buruk). Kemudian hasil analisis perencanaan tebal perkerasan kaku metode Bina Marga 2017 menggunakan umur rencana 40 tahun dan pertumbuhan lalu lintas 3,5% didapatkan tebal pelat 29,5 cm. Perkerasan ini menggunakan mutu beton K – 300 dengan perencanaan sambungan melintang menggunakan dowel 32 mm-450 mm.