STRATEGI PEMASARAN INDUSTRI KREATIF KAMPUNG MENDAWAI DI KELURAHAN BANSIR LAUT KOTA PONTIANAK
Main Authors: | Jufriansyah, Ari, Nurhidayati, Ely, Mulki, Gusti Zulkifli |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JeLAST : Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang
, 2020
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/JMHMS/article/view/42694 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/JMHMS/article/view/42694/75676587093 |
Daftar Isi:
- Industri kreatif memberikan peranan penting terhadap perekonomian suatu negara. Sebagian orang berpendapat bahwa kreativitas manusia adalah sumber daya ekonomi utama. Sehingga saat ini banyak sektor industri yang lahir dari kreatifitas dan inovasi dari setiap individu. industri kreatif Kampung Mendawai di Kelurahan Bansir Laut Kecamatan Pontianak Tenggara Kota Pontianak terdapat industri kreatif pembuatan caping berada di Kampung Mendawai Kelurahan Bansir Laut Pontianak. Lokasinya berada di tepian Sungai Kapuas Pontianak. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah menyusun Strategi Pemasaran Industri Kreatif Kampung Mendawai di Kelurahan Bansir Laut Kota Pontianak. Dalam perumusan Strategi Pemasaran Kampung Mendawai ditentukan berdasarkan uji validitas, uji asumsi klasik, Uji Koefisien Regresi Linier Berganda. Berdasarkan hasil analisis menggunakan program SPSS, variabel yang paling berpengaruh terhadap variabel minat beli ulang adalah variabel Lokasi langsung dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,420 (42 persen). Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F dapat dijelaskan bahwa ketujuh variabel produk (X1), harga (X2), promosi (X3), lokasi (X4), sumber daya manusia (X5), proses (X6), lingkungan fisik (X7) terhadap variabel terikat secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat beli ulang Dalam merumuskan Strategi Pemasaran Industri Kreatif Kampung Mendawai didasari dengan setiap indikator di dalam variabel – variabel terhadap minat beli ulang konsumen. Kata Kunci : industri kreatif, industri rumahan, marketing mix 7P