ANALISIS KINERJA TERMINAL PENUMPANG BANDAR UDARA INTERNASIONAL SUPADIO
Main Authors: | Zulviana, Adinda, Akhmadali, -, Mukti, Elsa Tri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JeLAST : Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang
, 2020
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/JMHMS/article/view/42524 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/JMHMS/article/view/42524/75676587005 |
Daftar Isi:
- Bandar Udara Internasional Supadio merupakan salah satu bandar udara terbesar yang terletak di Kalimantan Barat yang mana setiap tahunnya terjadi peningkatan jumlah penumpang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja terminal penumpang Bandara Supadio untuk saat ini dan 20 tahun mendatang karena munculnya dampak eksternal seperti perencanaan bandara Singkawang yang diprediksi pasti akan berpengaruh kepada jumlah penumpang. Adapun survey yang dilakukan untuk mengambil kebutuhan data adalah data prime dengan menggunakan survey di lapangan untuk mengambil data real lapangan pada waktu sibuk dan untuk data sekunder menggunakan data yang didapatkan dari instansi terkait yaitu PT. Angkasa Pura II. Adapun analisis yang dilaksanakan seperti analisis kinerja kebutuhan ruang terminal penumpang yang dilakukan pada penelitian ini berpedoman dengan SNI 03-7046-2004. Dari hasil Kinerja Pelayanan yang dibandingakan PM 178 Tahun 2015 didapatkan perlu ditingkatan Pelayanan Baggage Claim dan Pelayanan Check-in. Untuk kebutuhan ruang saat ini luasannya masih memenuhi dan dari hasil peramalan 20 tahun kedepan berdasarkan simulasi perkembangan penumpang dari pertumbuhan penumpang dan perkembangan penumpang berdasarkan dampak eksistingnya Bandara Singkawang memerlukan perluasan pada Hall Keberangkatan dan Ruang Tunggu KeberangkatanUntuk kapasitas terminal penumpang harus diperhatikan untuk dikembangkan untuk 20 Tahun kedepan. Kata Kunci : Kapasitas, Kebutuhan Ruang, Tingkat Pelayanan.