ANALISA GAP ACCEPTANCE PADA PERSIMPANGAN JALAN PROF. M. YAMIN – JALAN TANI MAKMUR – JALAN PGA KOTA PONTIANAK
Main Authors: | Fernanda, Robi, Erwan, Komala, Sumiyattinah, - |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Tanjungpura
, 2020
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/JMHMS/article/view/42520 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/JMHMS/article/view/42520/75676587001 |
Daftar Isi:
- Persimpangan jalan merupakan titik temu kendaraan dari berbagai arah. Bentuk geometrik persimpangan yang tidak terencana dengan baik menyebabkan pergerakan arus lalu lintas menjadi terhambat. Adapun penelitian ini bertujuan menganalisa kemampuan simpang jalan Prof. M Yamin – jalan Tani Makmur – jalan PGA Kota Baru Pontianak dalam menyalurkan volume kendaraan melalui Gap Kritis dengan metode Gap Acceptance. Berdasarkan analisa volume kendaraan pada Jalan Prof. M Yamin jalur Simpang Ampera ke arah jalan bundaran didapatkan nilai tertinggi pada jam puncak hari sabtu berjumlah 861.4 smp/jam, hari minggu berjumlah 866.8 smp/jam, dan hari senin berjumlah 815.05 smp/jam. Hasil gap kritis di Jalan Tani Makmur menuju ke arah Jalan Prof. M Yamin jalur Bundaran pada hari sabtu dipilih metode Acceptance Curve dengan nilai gap kritis 16 detik. Pada hari minggu dan senin dipilih metode Greenshields dengan nilai gap kritis 11 detik dan 12 detik. Untuk Jalan PGA ke arah Jalan Prof. M Yamin jalur Simpang Ampera pada hari sabtu, minggu dan senin menggunakan metode Greenshields dengan nilai gap kritis berturut-turut adalah 39 detik, 41 detik, dan 20 detik. Alternatif solusi yang direncanakan adalah pengaturan lalu lintas pada jam puncak dengan meletakkan marka sebagai batas lebar efektif jalan, dibuatkan jalur khusus penyeberangan, dan pemasangan lampu lalu lintas.Kata kunci : Gap Acceptance, Gap Kritis, Volume Kendaraan.