ANALISIS PERENCANAAN REHABILITASI JALAN PARIT H. HUSEIN II MENGGUNAKAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) DENGAN METODE BINA MARGA 2003 DAN AASHTO 1993
Main Authors: | Maswar, -, Kadarini, S. Nurlaily, Suyono, Rudi S. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
JeLAST : Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang
, 2020
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/JMHMS/article/view/40305 |
Daftar Isi:
- Tingginya kekakuan pada perkerasan menyebabkan penyebaran beban oleh perekarasan tanah dasar relatif lebih luas, dan beban sebagian besar dipikul oleh perkerasan. Kegiatan peningkatan rehabilitasi jalan di jalan Parit Haji Husein II kota Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghitung tebal perkerasan kaku dengan menggunakan metode Bina Marga 2003 dan AASHTO 1993, pelaksanaan penelitian menggunakan data primer, yang didapat dari nilai DCP. Sedangkan untuk data sekunder didapat dari data Leger Dinas Pekerjaan Umum Kota Pontianak, data jumlah kendaraan dari Direktorat Samsat Polda Kalimantan Barat. Hasil kajian Jalan Parit Haji Husein II, terdapat peningkatan rehab jalan menggunakan perkerasan kaku dengan panjang 700 meter dan lebar 7 meter. Perencanaan perhitungan untuk perkerasan kaku umur rencana selama 20 tahun dengan laju pertumbuhan lalu lintas di Kota Pontianak sebesar 7,206 % Diperoleh hasil 16 cm tebal perkerasan kaku pada metode Bina Marga dengan mutu beton K-350 dan 16 cm tebal perkerasan kaku pada metode AASHTO 1993 dengan mutu beton K-350. Perencanaan perhitungan metode Bina Marga dan AASHTO 1993 digunakan dowel D 20 mm, panjang 450 mm dan dipasang dengan jarak 300 mm. Hasil perhitungan ini diharapkan dapat memberikan gambaran baik untuk perencanaan dan pekerjaan perkerasan kaku untuk dilaksanakan pada daerah Kota Pontianak.