ANALISIS EFEKTIVITAS LAJUR KHUSUS SEPEDA PADA KAWASAN PERKOTAAN PONTIANAK STUDI KASUS (JALAN GUSTI SULUNG LELANANG –KH . AHMAD DAHLAN – JOHAR – HOS COKROAMINOTO)

Main Authors: Fadly, Galih, Widodo, Slamet, Mayuni, Siti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: JeLAST : Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang , 2020
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/JMHMS/article/view/40222
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/JMHMS/article/view/40222/75676585693
Daftar Isi:
  • Kemacetan dan polusi udara merupakan masalah yang dihadapi kota besar, tak terkecuali kota Pontianak. Berbagai cara dilakukan untuk mengurangi kemacetan. Salah satunya dengan menggiatkan kegiatan bersepeda saat berpergian. Persentase pengunaan sepeda kecil dibandingtotal arus lalu lintas lainya. Dalam menunjang kegiatan bersepeda, kota menyediakan fasilitas pendukung lalu lintas seperti tertuang dalam UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Penelitian dilakukan dengan mengevaluasi lajur khusus sepeda yang telah ada di pontianak, dengan menggunakan metode BLOS ( Bicycle Level Of Service). Hasil analisa dipengaruhi beberapa faktor diantaranya lebar jalan, lebar jalur sepeda , volume lalu lintas , kondisi perkerasan dan kecepatan kendaraan serta volume kendraan berat dimana faktor-faktor inilah yang akan di perhatikan dalam mendesain jalur khusus sepeda untuk mendapatkan nilai BLOS yang lebih baik dimana para pengguna nya merasa aman saat berkendara tanpa merasa khawatir terganggu oleh pengguna transportasi lainnya. Keimpulan yang diperoleh, nilai BLOS pada ruas jalan KH.Amad Dahlan , Johar , HOS Cokroaminoto dan Gusti Sulung Lelanang bervariasi. Jalan Kh.Ahmad Dahlan dan Gusti Sulung Lelanang mendapatkan nilai E. Jalan Johar dan HOS Cokroaminoto mendapatkan nilai D. Lingkungan pada keempat ruas jalan tersebut kurang baik untuk pengguna sepeda.