ANALISIS KEPUASAN PENGUNJUNG TERHADAP RUANG TERBUKA HIJAU DI ALUN-ALUN KAPUAS KOTA PONTIANAK

Main Authors: Qhadafi, -, Pratiwi, Nana Novita, Yuniarti, Erni
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Tanjungpura , 2019
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/JMHMS/article/view/36882
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/JMHMS/article/view/36882/75676583506
Daftar Isi:
  • Alun-alun Kapuas adalah taman kota yang ditetapkan Dinas Pertamanan sebagai Ruang Terbuka Hijau di Kota Pontianak. Saat ini tingkat keamanannya sangat rendah karena tidak adanya petugas parkir, kurangnya kebersihan di lokasi, fasilitas dalam kondisi kurang layak digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengunjung dari aksesibilitas, fasilitas, dan manajemen/pelayanan di Alun-Alun Kapuas Kota Pontianak dengan menggunakan 4 variabel penilaian, yaitu dari karakteristik pengunjung terdiri dari indikator pemanfaatan dan pengguna, aksesibilitas dan fasilitas, serta manajemen/pelayanan. Adapun metode analisis yang digunakan, yaitu metode kuantitatif dengan teknik analisis scoring. Dari hasil penelitian yang terdiri dari 3 sasaran, sasaran 1 menunjukkan dominasi pengunjung adalah jenis kelamin perempuan dengan rentang umur 18-25. Asal pengunjung dari Kota Pontianak. Hari kunjungan yang dominan merupakan hari libur, dengan waktu kunjungan malam hari, dan lama kunjungan 1-3 jam, dimana frekuensi kunjungan 1 kali seminggu. Nilai dari aksesibilitas dan fasilitas Alun-alun Kapuas memperoleh nilai Puas. Sedangkan nilai dari manajemen/pelayanan Alun-alun Kapuas memperoleh nilai Puas. Hasil akhir menunjukkan bahwa aksesibilitas dan fasilitas lokasi, serta manajemen/pelayanan, Alun-alun Kapuas memperoleh nilai Puas dan hanya perlu meningkatkan kualitas maupun kuantitas agar dapat menunjang kebutuhan para pengunjung.Kata kunci: tingkat kepuasan, aksesibilitas dan fasilitas manajemen/pelayanan