ANALISIS KESESUAIAN LOKASI DAN PREFERENSI MASYARAKAT TERHADAP MINIMARKET DI KECAMATAN PONTIANAK KOTA
Main Authors: | Indraswari, Aziyati, Rekayasa, Firsta, Ayuningtyas, Riska A. |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JeLAST : Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang
, 2019
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/JMHMS/article/view/36825 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/JMHMS/article/view/36825/75676583482 |
Daftar Isi:
- Minimarket di Kecamatan Pontianak Kota mengalami perkembangan ditandai dengan adanya minimarket waralaba, dimana lokasi minimarket tersebut pada umumnya terletak di pusat keramaian dan cenderung berdekatan dengan minimarket lainnya. Hal ini dapat mengakibatkan timbulnya persaingan antar minmarket dan dapat mempengaruhi preferensi masyarakat di Kecamatan Pontianak Kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan persebaran dan memetakan minimarket waralaba dan non-waralaba di Kecamatan Pontianak Kota, menganalisis kesesuaian lokasi dan preferensi masyarakat dalam berbelanja di kedua minimarket tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik analisis buffer menggunakan aplikasi ArcGIS dan skoring untuk menganalisis kesesuaian lokasi, selanjutnya menganalisis preferensi masyarakat menggunakan analisis distribusi frekuensi dan skoring untuk mengetahui penilaian responden terhadap kinerja minimarket waralaba dan non-waralaba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan minimarket di Kecamatan Pontianak Kota ditandai dengan menjamurnya minimarket berjenis waralaba yang didominasi Indomaret dan Alfamart yang berjumlah 33 unit dan 39 unit minimarket non-waralaba. Pertumbuhan yang terjadi mengakibatkan kesesuaian lokasi kedua jenis minimarket termasuk dalam kategori sedang karena berdekatan dengan minimarket lain dan kepadatan penduduk rendah. Hal tersebut berpengaruh pada preferensi masyarakat dengan hasil penilaian yang lebih unggul terhadap minimarket waralaba, terutama dalam manajemen dan fasilitas yang diberikannya dan dapat diasumsikan terjadinya persaingan antar minimarket. Kata Kunci: minimarket, kesesuaian lokasi, preferensi masyarakat