Pengembangan Modul Statistika Matematika I Berbasis Konstruktivisme Pada Pendidikan Matematika Universitas Pancasakti Tegal

Main Authors: Oktaviani, Dian Nataria, Rokhman, M. Shaefur
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Research Institution and Community Service of Universitas Pancasakti Tegal , 2014
Online Access: http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala/article/view/319
http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala/article/view/319/636
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul Statistika Matematika I berbasis konstrukstivisme diPendidikan Matematika Universitas Pancasakti Tegal yang valid, praktis dan efektif.Jenis penelitian iniadalah penelitian pengembangan menurut Borg and Gall. Pengumpulan data yang digunakan dengan caravalidasi, angket dan tes. Validasi dilakukan untuk mengetahui kevalidan pengembangan modul StatistikaMatematika I berbasis konstruktivisme.Angket dilakukan untuk mengetahui kepraktisan pengembanganmodul Statistika Matematika I berbasis konstruktivisme.Tes dilakukan untuk mengetahui keefektifan hasilpengembangan modul Statistika Matematika I berbasis konstruktivisme.Proses pengembangan modulmenggunakan model pengembangan Borg And Gall dengan melakukan beberapa tahap yaitu: (1) tahappengumpulan informasi dilakukan dengan melihat permasalahan pada mata kuliah Statistika Matematika Idan kondisi mahasiswa Pendidikan Matematika semester 4; (2) tahap Perencanaan dilakukan untukmengembangkan modul berdasarkan informasi yang diperoleh, (3) tahap pengembangan yaitu validasi ahlidan uji coba modul yang dikembangkan sehingga menghasilkan produk final dari modul .Hasil daripengembangan modul statistika matematika I berbasis konstruktivisme di universitas pancasakti tegal adalahcukup valid dengan rata-rata skor dari tim validator adalah 2,96. Hasil pengembangan modul statistikamatematika I berbasis konstruktivisme di Universitas Pancaskti Tegal adalah praktis dengan nilai persentasemahasiswa adalah 79,62. Hasil pengembangan modul statistika matematika I berbasis konstruktivisme diUniversitas Pancaskti Tegal adalah efektif dengan kriteria sebagai berikut: prestasi belajar pada kelas ujicoba mencapai ketuntasan dengan standar nilai adalah 56 atau C dan proporsi ketuntasan mencapai 75%,adanya perbedaan rata-rata prestasi belajar siswa antara kelas uji coba dengan kelas kontrol.Kata Kunci: statistika matematika, konstruktivisme, modul, pengembangan