Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa
Main Authors: | Suriswo, Sumartono |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Faculty of Teacher Training and Education of Universitas Pancasakti Tegal
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala/article/view/1874 http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala/article/view/1874/1234 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Secara umum tujuan penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa . Secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk: (1).Mengetahui dan menganalisis kondisi pembelajaran di SD Kagok sebelum menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). (2).Menganalisis efektivitas model pembelajaran CTL dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar sebelumnya yang tidak menggunakan model pembelajaran CTL di SD Negeri Kagok. Kecamatan Slawi kabupaten Tegal. Mengetahui bentuk dukungan kepala sekolah, guru-guru lain serta fasilitas dalam penyelenggaraan model pembelajaran CTL. Metode penelitian ini menggunakan disain eksperimen pre and post test. Dalam fase ini tercakup beberapa kegiatan, yakni; (a) melakukan tes awal (pretest), (b) melaksanakan onservasi, interview/wawancara, (c) melakukan tes akhir (posttest). Melakukan tes awal (pretest) kepadasatu kelompok/kelas sebelum menerapkan model CTL Mengadakan tes akhir (posttest) kepada kelompok/kelas setelah diterapkan model CTL. Melakukan analisis dengan membandingkan skor pre test dan post test dengan uji t. Dari hasil perhitungan dengan uji t diperoleh , uji t empiris lebih besar dari uji t dalam tabel, sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran CTL lebih efektif.