Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Main Authors: Suriswo, Sumartono
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Faculty of Teacher Training and Education of Universitas Pancasakti Tegal , 2021
Subjects:
Online Access: http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala/article/view/1874
http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala/article/view/1874/1234
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Secara umum tujuan penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa .  Secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk: (1).Mengetahui dan menganalisis kondisi pembelajaran di SD Kagok sebelum menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). (2).Menganalisis efektivitas model pembelajaran CTL  dapat meningkatkan prestasi belajar siswa  yang lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar sebelumnya yang tidak menggunakan model pembelajaran CTL  di SD Negeri Kagok. Kecamatan Slawi kabupaten Tegal. Mengetahui bentuk dukungan kepala sekolah, guru-guru lain serta fasilitas dalam penyelenggaraan model pembelajaran CTL. Metode penelitian ini menggunakan disain eksperimen pre and post test. Dalam fase ini tercakup beberapa kegiatan, yakni; (a) melakukan tes awal (pretest), (b) melaksanakan onservasi, interview/wawancara, (c) melakukan tes akhir (posttest). Melakukan tes awal (pretest) kepadasatu  kelompok/kelas  sebelum menerapkan model CTL Mengadakan  tes akhir (posttest) kepada kelompok/kelas setelah diterapkan model CTL. Melakukan analisis dengan membandingkan skor pre test dan post test dengan uji t. Dari hasil perhitungan dengan uji t diperoleh , uji t  empiris lebih besar dari uji t dalam tabel, sehingga disimpulkan bahwa model  pembelajaran CTL  lebih efektif.