Pengembangan Instrumen Evaluasi Program Prakerin Kompetensi Keahlian TKJ di SMK
Main Authors: | Azman, Azmil, Giatman, M., Ambiyar, Syahril |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Faculty of Teacher Training and Education of Universitas Pancasakti Tegal
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala/article/view/1512 http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala/article/view/1512/1123 |
Daftar Isi:
- Evaluasi program pengembangan instrumen Prakerin adalah sebuah instrumen yang sudah dikembangkan kemudian digunakan mengevaluasi sebuah program Prakerin keahlian TKJ di SMK yang meliputi komponen masukkan antara lain: siswa, guru produktif, kurikulum, dan sarpras, komponen process antara lain: kesiapan peserta didik, kinerja guru pendamping, kinerja pendamping DUDI, output program Prakerin kemanfaatan bagi para siswa serta DUDI. Pendekatan penelitian ini menggunakan Research and Development Model menurut (Borg, W R and Gall, M D. (2003), Pada pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner, interview, pengamatan, dan dokumentasi. Validitas instrumen dianalisis dengan korelasional bivariat antar skor indikator masing-masing dengan reliabilitas instrumen dan skor total dianalisis menggunakan alfa cronbach. Penelitian ini menunjukkan sebuah hasil antara lain: komponen input 98,9%, proccess 96,6%, dan product 96,7%, instrument yang dikembangkan sudah valid tergolong sangat baik. Koefisien reliability kuesioner siswa 0,963, guru produktif 0,981, guru pendamping 0,942, pendamping dunia usaha dan dunia industri 0,961.