Evaluasi Program Penerapan Bimbingan Karir di SMK Negeri 5 Kota Padang

Main Authors: Ferdiansyah, Nizwardi Jalinus, Ambiyar, M. Giatman, Fahmi Rizal
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Faculty of Teacher Training and Education of Universitas Pancasakti Tegal , 2020
Subjects:
Online Access: http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala/article/view/1490
http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala/article/view/1490/1112
Daftar Isi:
  • G Goals dari penelitian ini untuk mengungkap komponen konteks, input, proses serta produk program penerapan bimbingan karir di SMK Negeri 5 Padang. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan angket kepada siswa dan wawancara kepada pelaksana bimbingan. Jenis pada penelitian ini yaitu research evaluative dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa komponen konteks telah terprogram dengan baik selaras dengan pernyataan siswa sebesar 84,01%. Komponen input belum mendukung pelaksanaan kegiatan program yang sudah direncanakan yang ditunjukkan dengan pernyataan siswa sebesar 68,94%. Pada komponen proses, sesuai dengan pernyataan siswa sebesar 65,73% bahwa komponen proses belum efektif dilaksanakan. Komponen produk masih belum optimal yang ditunjukkan dengan hasil pernyataan siswa sebesar 69,45%. Secara umum dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program bimbingan karir di SMK Negeri 5 Padang masih belum selaras dengan aspek  masukan dan proses untuk mencapai program yang telah ditetapkan.