Pengembangan Model Evaluasi Kualitas Output Pembelajaran Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Kota Padang

Main Authors: Fajra, Melda, Ambiyar, Fahmi Rizal, Oskah Dakhi, Wakhinuddin Simatupang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Faculty of Teacher Training and Education of Universitas Pancasakti Tegal , 2020
Subjects:
Online Access: http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala/article/view/1480
http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala/article/view/1480/1125
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model evaluasi program pembelajaran (EKOP) teknik komputer dan jaringan di SMK. Sampel ujicoba berjumlah 402 responden. Ujicoba dilaksanakan di beberapa wilayah kota padang. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan metode rating scale dan inventori sikap. Teknik menganalisis data menggunakan metode pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan pada analisis data diperoleh hasil yang dapat ditarik kesimpulan adalah: a). EKOP di teknik komputer dan jaringan sudah sesuai data di lapangan; b). model evaluasi EKOP adalah model evaluasi yang sangat baik dalam penilaian proses dan hasil. Hal tersebut didasari pada hasil dan proses penilaian pemakai, pakar, maupun praktisi pembelajaran teknik computer dan jaringan; serta c). penilaian para pemakai, pakar maupun praktisi pembelajaran teknik komputer menujukkan bahwa pedoman penilaian evaluasi cukup sangat baik sebagai dasar atau acuan  untuk mengimplementasi model evaluasi EKOP pada teknik komputer dan jaringan di SMK; serta d). model EKOP menerapkan alur berpikir yang sistematis dan sistemik.