ANALISIS PEMAHAMAN SISWA DALAM MEMECAHKAN PERMASALAHAN ETNOMATEMATIKA DARI SUDUT PANDANG THREE READ PPROTOCOL

Main Authors: Ade Andre Payadnya, I Putu, Trisna Jayantika, I Gusti Agung Ngurah, Rahayu Puspadewi, Kadek
Format: Article Journal
Terbitan: , 2021
Online Access: https://zenodo.org/record/5672631
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman siswa dalam memecahkan masalah etnomatematika dari sudut pandang Three Reading Protocol pada materi bangun datar. Permasalahan etnomathematika adalah permasalahan matematika yang dipraktikkan oleh kelompok budaya, seperti masyarakat perkotaan dan pedesaan, kelompok buruh, anak-anak dari kelompok usia tertentu, masyarakat adat, dan lainnya. Desain penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 46 siswa SMP Widiatmika pada tahun akademik 2020/2021. Metode pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dengan tahap-tahap berikut: reduksi data, presentasi data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa kemampuan siswa dalam memahami masalah etnomathematika dari sudut pandang Three Read Protocol masih kurang dengan persentase 43,47%. Siswa tidak mampu mengikuti First Reading dimana siswa harus memahami situasi yang diberikan serta mampu mendeskripsikan situasi yang diberikan. Selain itu, siswa juga kurang dalam Second Reading yang mana mengharuskan siswa mampu memperoleh informasi berupa bilangan dan kuantitas dari situasi yang diberikan sehingga siswa melakukan kesalahan perhitungan dalam penyelesaian masalah. Aran yang dapat diberikan adalah hendaknya eorang guru menyusun pembelajaran yang lebih berorientasi pada pemahaman permasalahan matematika.