Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi Model Problem Based Learning Dan Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kompetensi Strategis Matematika Mahasiswa

Main Author: Meina Ayuningsih, Ni Putu
Format: Article Journal
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://zenodo.org/record/4657765
Daftar Isi:
  • Rendahnya kompetensi strategis matematika mahasiswa yang dicapai mahasiswa ITB STIKOM Bali pada mata kuliah Kalkulus disebabkan oleh (1) anggapan mahasiswa bahwa matakuliah kalkulus merupakan salah satu matakuliah matematika yang sulit dan menakutkan karena bersifat abstrak, (2) kurangnya partisipasi mahasiswa sebagai starting point dalam proses perkuliahan, dan (3) rendahnya pengalaman belajar yang diperoleh mahasiswa melalui pembelajaran kovensional. Potensi ICT yang sudah tersedia di kampus, seyogyanya dapat diberdayakan sebagai media pembelajaran inovatif. Berdasarkan dari rasional ini maka peneliti akan melaksanakan penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif berorientasi model problem based learning dan pendidikan karakter untuk meningkatkan kompetensi strategis matematika mahasiswa di ITB STIKOM Bali. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika dengan menggunakan model problem based learning dan pendidikan karakter yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah design research yang dilakukan melalui tahap preliminary research, prototyping stage, dan assessment phase. Data dikumpulkan menggunakan lembar pengamatan keterlaksanaan, angket respons mahasiswa, angket respons pengajar, dan tes kompetensi strategis matematika. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat valid. Selain itu, perangkat pembelajaran memenuhi aspek kepraktisan yang terlihat dari: 1) keterlaksanaan pembelajaran pada uji coba yang tergolong praktis; 2) respons mahasiswa tergolong sangat praktis; dan 3) respons pengajar berada pada kategori praktis. Perangkat pembelajaran ini juga telah memenuhi aspek keefektifan yang dilihat dari tes kompetensi strategis matematika siswa yang tergolong baik