IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK CERPEN
Main Author: | I Nyoman Putra |
---|---|
Format: | Article Journal |
Terbitan: |
, 2021
|
Online Access: |
https://zenodo.org/record/4562064 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Sukawati kelas XI MIPA2 berjumlah 35 orang siswa, semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Objek penelitian adalah prestasi belajar siswa pada materi memahami unsur intrisik cerpen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes prestasi belajar. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila prestasi belajar secara klasikal mencapai rata-rata minimal 80 (setara dengan KKM). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada siklus I rata-rata prestasi belajar 77,63 meningkat 6,45% dari 72,69 pada nilai kegiatan awal. Pada siklus II rata-rata prestasi belajar mencapai 82,71 meningkat 6,57% dari siklus I untuk prestasi belajar. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI MIPA2 SMA Negeri 1 Sukawati pada bahasa Indonesia khususnya pada kompetensi dasar 7.2 yaitu menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen.