PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE AMATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWAKELAS VI SD NEGERI 1 TAMBEA KEC.POMALAA KAB. KOLAKA
Main Author: | Fatmawaty |
---|---|
Format: | Article Journal |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
https://zenodo.org/record/4398969 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Latar belakang penelitian ini yaitu guru pendidikan agama Islam dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas masih bersifat tradisional dengan menggunakan metode ceramah sehingga hasil pembelajaran belum maksimal. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam. jenis penelitian ini adalah tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 1 Tambea. Berdasarkan hasil penelitian, hasil aktivitas guru pada siklus 1 yaitu 70,8 %, 79, 1 %, ketidakaktifan berturut-turut mencapai 29,2%,20,9%. Sedangkan pada siklus II berturut-turut mencapai 87,5%, 91,6% ketidakaktifan mencapai 12,5%. Adapun hasil aktifitas siswa pada siklus I berturut-turut 66,6 %, 75 %, ketidakaktifan berturut-turut 33,4%. Sedangkan aktivitas siswa pada silkus II yaitu 87,5 % ketidakaktifan 12,5%. Pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, adapun peningkatan presentasi hasil belajar siswa siklus I yaitu 66,66 % dengan nilai rata-rata 74,04. Namun belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%, sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar peserta didik meningkat dengan presentasi mencapai 77,5 % dengan nilai rata-rata 90,90.